UEFA Umumkan Persyaratan Hak Asasi Manusia di Euro 2024

UEFA Umumkan Hak Asasi Manusia Euro 2024

UEFA telah menggarisbawahi kriteria khusus mengenai tindakan hak asasi manusia untuk pertama kalinya dalam persyaratannya untuk menyelenggarakan Euro 2024.

Pada bulan Maret, badan sepak bola Eropa menegaskan bahwa Jerman dan Turki merupakan dua negara yang akan menjadi tuan rumah kompetisi Euro 2024 karena mereka merupakan negara yang secara resmi mengumumkan minat untuk menyelenggarakan turnamen tersebut.

Penawaran kedua negara tersebut telah diberi persyaratan UEFA untuk memenuhi kriteria untuk menyelenggarakan acara menyusun berkas-berkas mereka di depan negara-negara lainnya.

Termasuk adalah referensi khusus tentang hak asasi manusia, yang akan disertakan dalam semua persyaratan untuk kompetisi nasional dan klub UEFA di masa depan, sementara tindakan kepatuhan dan tindakan anti korupsi juga harus dipenuhi.

“Untuk pertama kalinya, persyaratan penawaran ini berisi kriteria khusus yang berkaitan dengan penghormatan hak asasi manusia,” demikian pernyataan UEFA.

“Kriteria ini didasarkan pada prinsip panduan untuk urusan bisnis dan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Konvensi PBB lainnya dan dikembangkan dalam kerjasama yang erat dengan Aliansi Olahraga dan Hak Asasi Manusia.

Baca Juga: Zidane: Saya Cemburu Pada Ronaldo

“Selanjutnya, kriteria mengenai tindakan kepatuhan dan anti korupsi juga telah dimasukkan sebagai persyaratan.”

Presiden UEFA Aleksander Ceferin menyatakan bahwa percandaran hak asasi manusia sangat penting untuk semua peristiwa organisasi.

“Perlindungan hak asasi manusia dan hak-hak buruh adalah yang paling penting bagi UEFA,” kata Aleksander Ceferin dikutip Agen Bola.

“Sangat penting bagi kami untuk mengenalkan artikel spesifik tentang penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia dalam persyaratan penawaran untuk semua kompetisi kami.

“Mulai saat ini, negara-negara yang mengajukan penawaran harus mematuhi secara ketat pasal-pasal ini dalam kerangka pengorganisasian semua turnamen dan final kami.”